Paragraf Generalisasi, Analogi dan Kausalitas

1. Paragraf Generalisasi.
Paragraf generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili.

Contoh Paragraf Generalisasi :
Masalah sumber daya manusia yang berkualitas yang dihadapi di Indonesia tidak lain tidak bukan karna penyebaran tenaga kerja yang kurang merata di setiap daerah sektor perindustrian dan ekonomi, yang mana sumber daya manusia yang berkualitas sangat dibutuhkan disetiap daerah-daerah yang tenaga kerjanya kurang. Jadi seperti halnya di luar Pulau Jawa yang tenaga kerjanya sangat kurang maka laju pertumbuhan ekonominya menjadi lamban.

2. Paragraf Analogi.
Adalah Penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Berdasarkan persamaan kedua hal tersebut, Anda dapat menarik kesimpulan.

Contoh Paragraf Analogi :

di jaman yang semakin maju dan canggih,sumber daya manusia pun semakin berkembang. dalam hal ini tenaga kerja yang di butuhkan semakin banyak. namun di kota besar seperti Jakarta lebih banyak di cara sumber daya manusia yang berkualitas tinggi di banding yang di butuhkan di luar Jakarta. Hal ini di sebabkan karena persaingan dalam sektor industri dan ekonomi. jadi, sumber daya manusia di setiap daerah berbeda-beda sesuai kebutuhkan dan kelangsungan hidup di kota tersebut.

3. Paragraf Sebab-Akibat (Kausalitas).

Paragraf hubungan sebab akibat (hubungan kausal) adalah Paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.

Contoh Paragraf Kausalitas :

perkembangan tekhnologi sama ratanya dengan berkembang pesatnya sumber daya manusia sekarang. dalam hal bidang industri, SDM yang dibutuhkan adalah SDM yang berpendidikan dan pengalaman luas. oleh karena itu di perkembangan jaman semakin pesat di sertai permintaan SDM yang berkualitas tinggi juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s