tugas 4 pengantar bisnis

1. Pengertian merek adalah nama dan atau simbol yang bersifat membedakan (seperti sebuah logo, cap atau kemasan) dengan maksud mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang penjual atau sebuah kelompok penjual tertentu. Dengan demikian suatu merek membedakannya dari barang dan jasa yang dihasilkan oleh competitor.

Contoh :

–         apple computer

–         casio camera

–         corel draw ( aplikasi )

 

2. Nama merek adalah nama yang diciptakan oleh penemu terkenal dalam pembuatan sesuatu.

Contoh :

Apple Computer
Nama ini diambil dari Apple yang merupakan buah kesukaan Steve Jobs, sang pendiri Apple Computer

.
Casio
Awal berdirinya Casio merupakan pabrik Sub kontaktor. Nama Casio diambil dari nama pendiri, Kashio Tadao.

 

 
Corel
Nama ini berasal dari nama pendirinya juga yaitu Dr. Michael Cowpland. Merupakan singkatan dari COwpland REsearch Laboratory

 

 

 

3.Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu , mewakili arti suatu perusahaan tertentu , dan hal – hal lainnya yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Contoh ;

 

 

 

4. Merek adalah suatu {lambang} berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa.

Contoh :

– Pengadilan Negeri Jakarta Barat menghukum Wandi Pranoto, warga Tambora dengan dua tahun penjara. Pengusaha konvensi itu terbukti mempergunakan merek kaos Osella secara illegal.

– Depkeh menertibkan 54 merek dari RRC yang didaftarkan ke Direktorat Merek oleh perusahaan Indonesia. Ini untuk menghindari kemungkinan gugatan di masa depan. Mereka yang ditertibkan, antara lain Ly Chee (makanan kaleng), Phoenix (sepeda) dan Butterfly (mesin jahit).

– Ny Tanzil, pengusaha rumah makan dan toko kue, mengajukan gugatan pembatalan merek dagang Ny Tanzil dengan tambahan kata Fried Chicken & Steak dan foto mirip Ny Elliana Tanzil yang didaftarkan di Direktorat Paten oleh PT Honorindo Cemerlang. Gugatan disidangkan di PN Jakpus. Ny Tanzil keberatan dengan merek itu, karena mirip dengan merek dagangnya.

 

 

 

5. Hak Cipta adalah hak khusus bagi pencipta untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya.

Contoh :

–         tokoh kartun Miki Tikus melarang pihak yang tidak berhak menyebarkan salinan kartun tersebut atau menciptakan karya yang meniru tokoh tikus tertentu ciptaan Walt Disney tersebut, namun tidak melarang penciptaan atau karya seni lain mengenai tokoh tikus secara umum.

 

 

– kompetitor Coca Cola dengan menganalisis kandungan dari minuman Coca Cola.     Hal ini       masih legal dan dibenarkan

oleh hukum. Oleh karena itu saat ini ada minuman yang rasanya mirip dengan Coca Cola, semisal Pepsi

 

–          kode sumber (source code) dari Microsoft Windows

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s